EKBANG MAPAN

EKBANG MAPAN

Senin, 05 September 2016

EKONOMI PEMBANGUNAN

Ekonomi pembangunan adalah suatu ilmu yang mengajari mengenai pembangunan dibidang ekonomi atau salah satu dari percabangan ilmu ekonomi yang difokuskan bahasannya tentang pembangunan di negara – negara yang statusnya masih tergolong ke dalam negara berkembang.
Tujuan ekonomi pembangunan ditinjau dari ilmu ekonomi pembangunan adalah untuk meneliti berbagai faktor yang menyebabkan ketertinggalan pembangunan di negara berkembang, sehingga dengan mengetahui faktor tersebut, yang menghambat pembangunan dapat diketahui bagaimana cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas pembangunan di negara berkembang. Dengan demikian, diharapkan kemajuan bisa tercapai di negara yang bersangkutan. Belajar mengenai ilmu ekonomi pembangunan, sangat berperan bagi pihak pengambil kebijakan dalam sebuah perusahaan swasta, BUMN, instansi pemerintah, dunia perbankan, maupun di suatu negara. Tujuan belajar ilmu ekonomi pembangunan ialah untuk mencapai suatu kemajuan yang berkelanjutan, sehingga kemakmuran dan kesejahteraan suatu negara dapat tercapai. Pada umumnya, pembangunan ekonomi di suatu negara bertujuan untuk kemakmuran rakyatnya secara keseluruhan atau merata.

1.       Big push = model big push menunjukkan bagaimana keberadaan kegagalan pasar bisa menuntun pada kebutuhan untukmerencanakan perekonomian secara keseluruhan dan mungkin kebijakan yang menuntun pada usaha untuk mempercepat pembangunan. Big push tidak selalu dibutuhkan, tetapi memberi gambaran tentang keadaan yang mana big push bisa diaplikasikan.
2.       PDB = nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional.
3.       Ketimpangan = buah dari pembangunan yang hanya berfokus pada aspek ekonomi dan melupakan aspek sosial.
4.       Tricle down = Trickle Down Effect adalah Teori yang lahir dari aliran kapitalisme yang dulusangat diagung-agungkan oleh pemerintahan orde baru. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana sebuah pertumbuhan akan berdampak pada kemakmuran sebuah negara. Dalam teori ini, kemakmuran akan dapat tercapai dengan pertumbuhan ekonomiyang tinggi, tanpa perlu memperhitungkan pemerataan ekonomi.
5.       Head count =Headcount merupakan proses mengenal pasti potensi akademik dan kerjaya murid mulai tahun 1 hingga tahun 6 dan tingkatan 1 hingga tingkatan 6 bagi murid di sekolah menengah. Definisi lain ialah "Proses mengenal pasti, merasionalkan dan menjustifikasikan penentuan ciri-ciri keupayaan pembelajaran bagi setiap pelajar supaya guru dapat menyenaraikan dan menetapkan unjuran pencapaian subjek bagi pelajar tersebut di dalam kelas yang diajarnya" (Hjh. Salmiah bt. Mohd Salleh- Guru Inovatif Negeri Kedah 2003)
6.       Koefisien gini = Koefisien Gini adalah ukuran ketimpangan distribusi. Ukuran ini pertama kali dikembangkan oleh statistisi dan ahli sosiologi Italia bernama Corrado Gini dan dipublikasikan pada tahun 1912 dalam makalahnya berjudul “Variability and Mutability”.  Koefisien Gini dinyatakan dalam bentuk rasio yang nilainya antara 0 dan 1. Nilai 0 menunjukkan pemerataan yang sempurna di mana semua nilai sama sedangkan nilai 1 menunjukkan ketimpangan yang paling tinggi yaitu satu orang menguasai semuanya sedangkan yang lainnya nihil. Menurut definisinya, koefisien gini adalah perbandingan luas daerah antara kurva lorenz dan garis lurus 45 derajat terhadap luas daerah di bawah garis 45 derajat tersebut.
7.       Modal privat = Salah satunya adalah modal privat ekonomis yang dapat diartikan sebagai harta kekayaan atau besar harta milik seseorang. Salah satu ciri khas dari modal privat ekonomis ialah dapat mendatangkan pendapatan atau penghasilan bagi pemiliknya.
8.       Kurva lorentz = kurva Lorenz menggambarkan distribusi kumulatif pendapatan nasional di kalangan lapisan-lapisan penduduk, secara kumulatif pula.
9.       Domestik = Sesuatu yang berhubungan dengan atau mengenai permasalahan dalam negeri. arti domestik juga bermakna segala sesuatu yang bersifat kerumahtanggaan. istilah domestik mencakup segala sesuatu yang masuk dalam ruang lingkup internal dalam negeri atau dalam rumah tangga.
10.    PNB = Produk Nasional Bruto (PNB)/Gross National Product (GNP) adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi milik warga negara baik yan.
11.    Industrialisasi = suatu proses interkasi antara perkembangan teknologi, inovasi, spesialisasi, dan perdagangan dunia untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mendorong perubahan struktur ekonomi. Industrialisasi merupakan salah satu strategi jangka panjang untuk menjamin pertumbuhan ekonomi.
12.    Laba = Laba adalah selisih antara seluruh pendapatan (revenue) dan beban (expense) yang terjadi dalam suatu periode akuntansi. Laba merupakan suatu kelebihan pendapatan atau keuntungan yang layak diterima oleh perusahaan, karena perusahaan tersebut telah melakukan pengorbanan untuk kepentingan lain pada jangka waktu tertentu. Informasi laba diperlukan untuk mengetahui kontribusi produk dalam menutupi biaya nonproduksi.
13.    NSB = Negara sedang berkembangadalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relative terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan dunia ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin.
14.    Eksternalitas = Eksternalitas adalah biaya yang harus ditanggung atau manfaat tidak langsung yang diberikan dari suatu pihak akibat aktivitas ekonomi. Eksternalitas sering disinggung ketika muncul dampak negatif dari suatu aktivitas ekonomi.
15.    Rostow = Teori Pertumbuhan Ekonomi W.W. Rostow - Teori pembangunan ekonomi dari Rostow ini sangat populer dan paling banyak mendapatkan komentar dari para ahli. Teori ini pada mulanya merupakan artikel Rostow yang dimuat dalamEconomics Journal (Maret 1956) dan kemudian dikembangkannya lebih lanjut dalam bukunya yang berjudulThe Stages of Economic Growth (1960). Menurut pengklasifikasian Todaro, teori Rostow ini dikelompokkan ke dalam model jenjang linear (linear stages mode/).
16.    Leading sector =  merupakan sektor penggerak utama dalam pembangunan suatu daerah. Karena keterkaitan antarsektor sangat erat, maka perkembangan sektor pemimpin akan mempengaruhi perkembangan sektor lain yang berhubungan erat dengan sektor pemimpin tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar